RANJANG IDEAL Tunjang Kualitas Tidur

RANJANG IDEAL Tunjang Kualitas Tidur



RANJANG IDEAL Tunjang Kualitas Tidur









Kamar yang indah tak hanya ditentukan oleh warna dan penerangannya. Tempat tidur pun harus dijadikan prioritas saat Anda ingin menata ruang peraduan itu. Banyak cara bisa diterapkan untuk membuat tampilannya eye catching, selain sisi kenyamanan yang tentu saja wajib diperhatikan.





Membeli tempat tidur merupakan “investasi”besar untuk menunjang aktivitas istirahat Anda.Selain budget yang dikeluarkan tidak sedikit,aspek kenyamanan juga harus dipertimbangkan sebelum menentukan tempat tidur yang pas dengan pilihan Anda. Banyak orang terkadang salah menentukan pilihan untuk tempat tidur mereka. Alhasil,aktivitas tidur jadi terganggu.Padahal,tidur yang cukup dapat memulihkan fisik Anda setelah lelah beraktivitas.





Satu penelitian menunjukkan,kesalahan dalam pemilihan tempat tidur dapat mengurangi kualitas tidur,sekaligus bisa memengaruhi pola tidur Anda. Selain desain ruangan,penerangan, dan pernak-pernik, tempat tidur juga memegang peranan cukup penting untuk menunjang tidur Anda. Arsitek Priandono Nur Hadi mengatakan,Anda dapat memilih jenis kasur yang dimaui,bisa kasur kapuk maupun kasur busa.





Keduanya memiliki keunggulan tersendiri.Kasur kapuk terasa lebih nyaman, tapi akan mudah kempis sehingga dua minggu sekali harus dijemur. Berbeda dengan kasur busa.Untuk memilih perabot satu ini,Anda harus melihat berbagai faktor,di antaranya kesesuaian bentuk maupun warna ranjang dengan konsep ruang tidur. Biasanya bahan utama yang digunakan untuk membuat ranjang memiliki variasi tersendiri, misalkan kayu jati dan besi.





“Dalam memilih ranjang, hendaknya diperhatikan betul faktor kekuatannya, jangan sampai ranjang mudah reyot.Perhatikan pula kualitas finishing-nya,haruslah sempurna.Seperti peliturnya dan sambungan antarbagian mesti rapi,” tutur Priandono. Hal lain yang juga penting, yakni kualitas cat atau pelitur yang dipakai.Bila kualitas cat baik,maka ranjang pun akan terlihat cantik lebih lama dan tidak mudah luntur. Sebab, kondisi sebuah ranjang sangat menentukan kondisi kamar tidur.Dengan kata lain,nyaman tidaknya tidur juga bergantung pada kondisi ranjangnya.





“Ada beberapa jenis tempat tidur yang selalu dipakai, seperti platform beds, storage beds,sleigh beds,dan canopy beds.Semua harus disesuaikan dengan desain interior kamar tidur.Dan jangan lupa,sebelum membeli, sebaiknya dicoba terlebih dulu,”kata Priandono. Hal senada dituturkan desainer interior Jenny Kumala.Jenis tempat tidur biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan.Misalnya untuk ruang tidur anak.Bila Anda memiliki anak lebih dari satu dan punya jarak umur yang tidak terlampau jauh,tempat tidur susun dapat dijadikan pilihan yang pas.





Dengan memakai ranjang bersusun dua,Anda bisa sekaligus mendidik si buah hati untuk selalu rukun dan dekat satu sama lain. Tidak hanya itu,Anda juga dapat mengakali kondisi kamar anak yang tidak terlalu luas dengan menggunakan tempat tidur bertingkat. Dengan memilih model ranjang ini, kamar akan terlihat lebih lega.





“Kalau kamar bergaya modern dan kontemporer, lebih baik gunakan ranjang dengan bentuk platform beds.Tempat tidur jenis ini sering digunakan,karena bentuknya sederhana dan terbuat dari kayu dengan bentuk horizontal,”papar Jenny. Adapun ranjang jenis storage beds memiliki bentuk yang hampir sama dengan platform beds,namun lebih fungsional.Ranjang ini sangat cocok untuk kamar yang tidak terlalu luas.Biasanya di bawah kasur terdapat beberapa celah untuk menyimpan barang.Keberadaan laci kecil di samping sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat ruangan.





Kamar dengan gaya minimalis cocok menerapkan ranjang model sleigh beds. Jenis tempat tidur ini memiliki desain yang fleksibel.Di sisi atas tempat tidur terdapat sandaran kepala untuk sekadar bermalas-malasan atau membaca buku di tempat tidur.Desain ini sangat elegan namun sederhana, cocok bagi Anda yang senang bersantai di kamar. aprilia s andyna







http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/534342/

Lihat Produk yang sejenis:

Share this product :